Banjir Rendam Pemukiman dan Lahan Pertanian

PACITAN-Hujan deras Sabtu(16/10)malam menyebabkan
banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah Pacitan.
Salah satunya di Desa Ketrowonojoyo,Kecamatan Kebonagung.Selain merendam lahan pertanian,banjir mengancam ambruknya sebuah jembatan.Bahkan,satu rumah warga hancur total tertimbun tanah longsor.Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.
Rumah warga yang hancur milik Suparno.Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.15.Material dari perbukitan berupa tanah dan ranting pohon di belakang rumahnya setinggi lima meter meluncur menghantam rumah. Beruntung para penghuni rumah sempat menyelamatkan diri.'Ketika mengetahui air mulai deras masuk ke rumah,spontan pemilik langsung lari,'terang Winardi, Kepala Desa Ketrowonojoyo,kemarin(17/10).
Informasi koran ini,di desa ini terdapat empat titik pemukiman yang rawan longsor.Yakni di Dusun Jeruk, Wonojoyo,Krajan,dan Gawang.'Saat ini,keluarga Suparno mengungsi ke rumah familinya,'imbuh Winardi.
Sementara,di Desa Purwoasri,Kecamatan Kebonagung, banjir bandang membuat jembatan penghubung antardesa terancam roboh.Bahkan,kondisinya cukup parah.Selain karena usia jembatan,posisinya juga sudah miring. Terlebih pondasi sebelah selatan hampir separuh lebih ambruk terkikis derasnya banjir sebelumnya. Dikhawatirkan,jika banjir kembali datang jembatan akan ambruk.'Kita tadi bergotong royong membuat sesek (anyaman bambu)untuk material jembatan.Karena rencananya akan dibangun,'kata salah seorang warga setempat.
Banjir juga merendam lahan pertanian dan menghanyutkan hasil panen kedelai.Akibatnya,para petani merugi jutaan rupiah.Persoalannya,selama ini,setiap selesai panen kedelai,petani sengaja membiarkan berada di sawah untuk dijemur.Namun banjir menghanyutkannya.
Hingga siang kemarin(17/10)warga masih resah. Pasalnya,sebagian lahan tanaman padi ada yang ikut terendam.Sehingga berpotensi menurunkan hasil panen. Sebab,saat ini padi baru berbunga.Sehingga,jika sering terendam,akan berpengaruh pada tingkat isian bulir padi.'Kalau sudah berbulir malah tidak
masalah.Tetapi kalau baru berbunga panennya bisa turun,'ungkap Narto,petani setempat

Posted in . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.