Pemkab Wajib Fokus Terhadap Potensi Lokal

PONOROGO-Globalisasi dan serangan produk luar negeri tidak harus dianggap sebagai ancaman.Tapi harus dianggap sebagai tantangan dan peluang.Khususnya, dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. 'Globalisasi itu justru menjadi peluang kalau kita bisa mengelolanya,'terang Wakil Gubernur Jawa Timur H Syaifullah Yusuf di Ponorogo kemarin(17/10).
Salah satu caranya,fokus pada potensi ekonomi lokal. Menurut Gus Ipul,sapaan akrab Syaifullah Yusuf,di tengah-tengah membanjirnya produk pabrikan dari luar negeri,karakteristik lokal justru memberi nilai berbeda.Baik dalam bentuk,bahan,maupun nilai intrinsik lainnya.Sehingga,produk lokal bisa menjadi sesuatu yang tak tertandingi produk pabrikan.'Tentunya itu jika dikemas dengan baik dan bukan asal-asalan,' ujarnya.
Untuk memberi nilai lebih,Gus Ipul menyatakan pemkab harus ikut turun tangan.Pemkab harus menjadi fasilitator sekaligus katalisator dalam pengembangan potensi ekonomi lokal.Peran tersebut diberikan tak hanya dalam bentuk pembinaan.Tapi juga bantuan teknis lainnya.'Selain modal,yang paling dibutuhkan pengusaha mikro,kecil,dan menengah itu adalah akses pasar.Nah pemkab juga harus cawe-cawe bagaimana membuka akses pasar itu.Karena sudah jadi tanggung jawab pemkab untuk menyejahterakan rakyatnya,' tegasnya.
Hal tersebut diungkapkan Gus Ipul saat membuka bazar usaha mikro kecil menengah(UMKM)di alun-alun Ponorogo kemarin.Menurut dia,bazar,pameran,maupun expo merupakan salah satu bentuk nyata kepedulian pemkab. 'Kalau bisa yang sering-sering menggelar kegiatan seperti ini.Sehingga pengusaha kecil memiliki kesempatan membuka peluang pasar,'ujarnya.
Sementara Bupati Ponorogo H Amin menyatakan selama ini pihaknya telah proaktif dalam pengembangan UMKM. Selain pembinaan teknis produksi,pihaknya melalui dinas industri,perdagangan dan kopertasi juga aktif menggelar berbagai even.Seperti pasar murah,bazar, maupun pameran di luar kota.'Dalam hal pendanaan, kami juga telah berkoordinasi dengan perbankan untuk ikut turun tangan.Sehingga pengusaha kecil benar-benar bisa mengoptimalkan potensinya,'jelas Amin.
Selain membuka bazar UMKM,Gus Ipul pada kegiatan bersamaan mlaku bareng itu juga melakukan pertemuan dengan seluruh kepala desa se-Ponorogo di pendapa pemkab.Kepada kepala desa,mantan menteri itu mengajak kepala desa sebagai ujung tombak pemerintahan juga proaktif dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. 'Percayalah,kalau kepala desa itu berhasil dalam pemberdayaaan masyarakatnya pasti akan dipilih lagi,' ujar Gus Ipul.

Posted in . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.