Peserta KB Pria Masih Minim

PONOROGO-Gencarnya sosialisasi keluarga berencana(KB) bagi kaum pria yang dilakukan pemkab Ponorogo ternyata belum memperoleh hasil yang diinginkan.Indikasinya, jumlah peserta KB pria selama ini masih sangat minim. Dari total 140 ribu peserta KB aktif,hanya sekitar 5.000 kaum pria.Atau hanya sekitar 3,5 persen dari total peserta KB.'Data yang kami catat hingga akhir Juli lalu seperti itu,'terang Plh Kepala Badan Keluarga Berencana Ponorogo,Qomari,kemarin(19/8).
Minimnya jumlah peserta KB pria itu,menurut Qomari, disebabkan kesalahan persepsi tentang KB.Selama ini KB dianggap hanya menjadi urusan kaum perempuan. Sehingga,hanya kaum hawa yang wajib KB.Sedang kaum pria tidak etis mengikuti KB.'Persepsi itu sebenarnya salah,sebab perencanaan keluarga itu merupakan tanggung jawab suami istri dan bukan hanya istri,' jelasnya.
Karena itu,meski saat ini kurang mendapar respon positif,pihaknya tetap berusaha menyosialisasikan KB kaum pria.Khususnya,KB dengan metode medis operasi pria(MOP).Metode itu selama ini telah teruji cukup efektif untuk KB kaum pria.'Kalau ada anggapan pria kurang perkasa setelah KB itu tidak benar.Kalau tidak percaya silakan tanya istri pria yang sudah ikut KB,' candanya.
Untuk lebih mengefektifkan KB kaum pria,pihaknya menggandeng kepala desa untuk ikut proaktif menyosialisasikan.Bahkan,pihaknya meminta kepala desa juga sebagai juru kampanye bagi KB pria.'Selama ini kan kebanyakn kades pria,siapa tahu kalau kadesnya KB lantas warganya juga ikut KB,'ujarnya saat melakukan sosialisasi KB yang melibatkan paguyuban kepala desa kemarin

Posted in . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.